negaraku

Rabu, 24 November 2010

contoh naturalisasi

Keinginan pemain bola Belanda Sergio van Dijk bergabung dengan tim nasional Indonesia mendapat tanggapan dari Menteri Negera Pemuda dan Olahraga Andi Mallarageng. Menurutnya, naturalisasi hanya untuk pemain yang punya darah Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Andi usai melepas rombongan Pelayaran Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari dengan KRI Makassar di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Jumat (23/7/2010).

"Naturalisasi hanya untuk pada turunan darah Indonesia saja," ujarnya sembari menambahkan bahwa pihaknya mendukung wacana tersebut. "Jika mereka punya kemampuan, kita minta mereka untuk membela tanah air."

Seperti diberitakan sebelumnya, Van Dijk yang lahir dan besar di Belanda mengutarakan niatnya membela "Merah Putih". Ia beribu orang Indonesia dan bapaknya dari "Negeri Kincir Angin". Saat ini pemain berposisi penyerang itu memperkuat klub Australia, Adelaide United.

Menanggapi keinginan Van Dijk tersebut, Menegpora mengingatkan bahwa Indonesia tidak mengenal dwi kewarganegaraan. Yang bersangkutan harus memilih menjadi WNI atau tidak sama sekali.

Andi juga menganggap naturalisasi di dunia olahraga sebagai fenomena yang biasa karena sering dilakukan banyak negara.

"Asal tidak tahun ini di naturalisasi, besoknya pindah lagi kewarganegaraannya," cetusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar