negaraku

Minggu, 28 November 2010

Vietnam Panggil Lagi Pemain Naturalisasi?

presiden federasi sepakbola Vietnam (VFF) Nguyen Trong Hy mengonfirmasi akan mempertimbangkan pemanggilan kembali para pemain naturalisasi untuk memperkuat timnas.

Langkah tersebut ditempuh seiring menurunnya penampilan Vietnam tahun ini, padahal mereka mempunya misi mempertahankan gelar Piala AFF yang mulai digelar pekan depan. Hy melihat, negara tetangga seperti Singapura, Filipina, dan kini Indonesia tidak segan menggunakan pemain naturalisasi dalam timnas masing-masing.

Sejumlah tanggapan bermunculan. Pelatih timnas Henrique Calisto disebutkan berkata ingin memanggil lagi striker Huynh Kesley, bek Nguyen Rogierio, Nguyen Hoang Helio, dan kiper Dinh Hoang La.

Pelatih lokal seperti Nguyen Van Dung mendukung kebijakan ini karena menganggapnya dapat meningkatkan kompetisi di timnas. Apalagi lini depan Vietnam butuh tambahan kekuatan selain Le Cong Vinh.

Begitu juga eks pelatih timnas U-20 Doan Minh Xuong yang menyatakan kehadiran pemain naturalisasi diperlukan karena Vietnam dianggap lemah dalam hal kemampuan fisik jika dibandingkan dengan rival-rivalnya.

Huynh Kesley awalnya adalah pemain Brasil yang mendapat kewarganegaraan karena menikahi wanita Vietnam. Nguyen Rogierio dan Nguyen Hoang Helio adalah juga pemain kelahiran Brasil, sedangkan Dinh Hoang La tadinya berpaspor Ukraina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar